FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES PADA MAHASISWA PSIK ANGKATAN 2012 DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURE CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DI UNIVERSUTAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

FEBRINA (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES PADA MAHASISWA PSIK ANGKATAN 2012 DALAM MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURE CLINICAL EXAMINATION (OSCE) DI UNIVERSUTAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)

Abstract

Mahasiswa pendidikan kesehatan biasanya dihadapkan dengan OSCE dimana harus mengkolaborasikan skill dengan daya ingat yang kuat sehingga menimbulkan tekanan atau stres. Stres dan tingkat stresnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi stres seperti kondisi fisik, tipe kepribadian, sosial budaya, lingkungan, dukungan atau keberadaan orang terdekat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stres pada mahasiswa PSIK angkatan 2012 dalam menghadapi OSCE di universitas muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif non eksperimen dengan pendekatan cross sectional. Responden sebanyak 63 mahasiswa PSIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2012 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan data diolah dengan menggunakan regresi berganda dengan tingkat kemaknaan P<0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor paling dominan dalam menghadapi OSCE adalah faktor kondisi fisik (p-value = 0.007) dan tingkat stres ringan (76,2%). Kesimpulan penelitian ini diharapkan mahasiswa harus pandai manajemen koping sehingga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi OSCE dapat dikendalikan, dengan demikian hasil dari OSCE tersebut dapat dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRES, FAKTOR STRES, OBJECTIVE STRUCTURE CHLINICAL EXAMINATION
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:47
Last Modified: 24 Jun 2022 03:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item
View Item