PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA RESIN AKRILIK

NAFTALINA DESTIKASARI (2013) PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA RESIN AKRILIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)

Abstract

Tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional adalah buah pare (Momordica charantia L.). Buah pare mengandung flavanoidfixed oil, glyco ide (momordin dan charantin), alkaloid (momordicine), hydroxytryptamine, vitamin A, B, dan C,. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai bahan antiseptik, antifungi dan membantu mencegah perkembangbiakan mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lama perendaman ekstrak buah pare (Momordica charantia L.) dengan lama perendaman 6 jam, 8 jam, 10 jam terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans pada resin akrilik. Penelitian ini menggunakan 30 cakram resin akrilik heat cure dengan diameter lOmm dan ketebalan 2mm. Resin akrilik tersebut direndam kedalam suspensi Candida albican 108 CFU/ML selama 24 jam dengan suhu 37 °, kemudian dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing 10 cakram. Setelah itu direndam kedalam ekstrak buah pare (Momordica charantia L.) selama 6 jam, 8 jam, 10 jam pada suhu kamar. Dilakukan pengenceran berseri 103 CFU/ML, setelah dilakukan pengenceran berseri kemudian diambil 0,1 ml dan ditanam kedalam media agar sabouraud dan diinkubasi selama 48 jam dalam suhu 37 °. Dilakukan penghitungan angka jamur dan data yang diperoleh di analisis menggunakan Anova satu jalur dan po t hoc.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada ekstrak buah pare (Momordica charantia L.) dengan lama perendaman 6 jam, 8 jam, 10 jam terhadap pertumbuhan Candida albican (p>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh terhadap lama perendaman dengan penurunan angka jamur pada masing-masing lama perendaman ekstrak buah pare (Momordica charantia L), penurunan angka jamur Candida albican tertinggi dan daya hambat terbesar ditunjukan oleh ekstrak buah pare (Momordica charantia L.) dengan lama perendaman 8 jam yaitu sebesar 0,410 (p>0,05).

Kata kunci : Buah Pare (Momordica charantia L.), Candida albican , Resin akrilik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.), CANDIDA ALBICANS, RESIN AKRILIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:32
Last Modified: 24 Jun 2022 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item
View Item