PENGARUH TERAPI RELAKSASI NAFAS DALAM KOMBINASI MUROTAL MENDENGARKAN AYAT AL QUR'AN (AR RAHMAN) TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN POST SECTIO CAESAR DI RS NURHIDAYAH IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAK

ALIN APRIANA SAFITRI (2013) PENGARUH TERAPI RELAKSASI NAFAS DALAM KOMBINASI MUROTAL MENDENGARKAN AYAT AL QUR'AN (AR RAHMAN) TERHADAP TINGKAT NYERI PADA PASIEN POST SECTIO CAESAR DI RS NURHIDAYAH IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Latar Belakang : Nyeri pada pasien post SC merupakan nyeri akut yang belum banyak dimengerti dan tidak selalu dikelola dengan baik. Nyeri akibat operasi ini tidak hanya memiliki komponen sensori berhubungan dengan rusaknya jaringan, tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikologis dari pasien, sehingga menimbulkan ketidak nyamanan pada pasien. Seseorang yang mengalami nyeri akan berdampak pada aktivitas sehari-hari seperti istirahatnya, pola tidur, pola makan, aktifitas keseharian, perawatan diri maupun perawatan bayi baru lahir terganggu. Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi relaksasi nafas dalam kombinasi Murotal PHQGHQJDUNDQD\DW$O4XU¶DQ �$U5DKPDQ�WHUKDGDSWLQJNDWQ\HULSDGDSDVLHQSRVW sectio caesar di RS Nurhidayah Imogiri Kabupaten Batul Yogyakarta. Metode : Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain quasy eksperimen GHQJDQUDQFDQJDQ³pre test ± post test with control group. Jumlah sampel yang digunakan 30 responden, terbagi menjadi 15 responden kelompok kontrol dan 15 responden menjadi kelompok eksperimen yang diambil dengan metode acidental sampling. Uji statistik menggunakan Wilcoxon dan Man-Whitney dengan tingkat kemaknaan P<0,05. Hasil Penelitian : Hasil penelitian dengan menggunakan Wilcoxon kelompok kontrol pretest dan posttest diperoleh P=0,102>0,05, artinya tidak ada pengaruh yang siginifikan kelompok kontrol antara pretest dan posttest. Kelompok eksperimen pretest dan posttest diperoleh P=0,000<0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan kelompok eksperiment antara pretest dan posttest. Uji Man-Whitney kelompok kontrol dan eksperimen pada pretest diperoleh P=0,355>0,05, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen pada pretest, sedangkan pada kelompok kontrol dan eksperimen pada posttest diperoleh P=0,048<0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen pada posttest.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SECTIO CAESAR, NYERI, RELAKSASI NAFAS DALAM, MUROTAL SURAT AR RAHMAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:18
Last Modified: 27 Jun 2022 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item
View Item