HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK RETNONINGRUM PERUM SIDOARUM GODEAN SLEMAN , YOGYAKARTA

EKA HARTI KARSIH (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK RETNONINGRUM PERUM SIDOARUM GODEAN SLEMAN , YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Stimulasi perkembangan adalah kegiatan untuk merangsang kemampuan dan perkembangan anak yang dilakukan oleh ibu dan keluarga untuk membantu anak berkembang sesuai umur. Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologi diri seseorang yang memberikan keyakinan kuat pada diri sendiri untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep negatif, kurang percaya diri pada kemampuan karena sering menutup diri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak prasekolah yang bersekolah di TK Retnoningrum Perum Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan dan kepercayaan diri anak usia prasekolah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi Chi Square. Hasil perhitungan didapatkan nilai p value 0,000<0,05 menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan dengan kepercayaan diri anak usia prasekolah. Ada hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi perkembangan dengan kepercayaan diri anak usia prasekolah. Dengan demikian, peranan orang tua dalam memberikan stimulasi perkembangan menjadi sangat penting dalam membangun kepercayaan diri anak usia prasekolah. Saran untuk perawat adalah memberikan pendidikan kesehatan kepada orang tua tentang stimulasi perkembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN ORANG TUA, STIMULASI PERKEMBANGAN, KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:18
Last Modified: 27 Jun 2022 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item
View Item