PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ BAGI SISWA KELAS XI MA AL-HIKMAH KARANGMOJO

CANDRA DEWI NURHAYATI PUJI L (2013) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ BAGI SISWA KELAS XI MA AL-HIKMAH KARANGMOJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar, bimbingan belajar terhadap prestasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh antara kedisiplinan dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa bagi kelas XI pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada MA AlHikmah Karangmojo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al-Hikmah Karangmojo yang berjumlah 62 siswa dari 3 kelas. Karena populasi kurang dari 100, maka populasi yang ada dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikansi untuk variabel kedisiplinan sebesar 0.005 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq bagi siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Karangmojo. Untuk variabel bimbingan belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0.006 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlaq bagi siswa XI di MA Al-Hikmah Karangmojo. Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan siswa dan bimbingan belajar terhadap prestasi pada mata pelajaran mata pelajaran aqidah akhlaq bagi siswa kelas XI di MA MA Al-Hikmah Karangmojo. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0.546 atau 54.6%. Sedangkan sisanya sebesar 45.4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kedisiplinan, Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEDISIPLINAN, BIMBINGAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:01
Last Modified: 24 Jun 2022 03:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item
View Item