ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT DENGAN RUMUS GILLIES PADA BANGSAL MARWAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ZAEBATUL ANDRIANI (2014) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT DENGAN RUMUS GILLIES PADA BANGSAL MARWAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Latar Belakang : Bangsal Marwah adalah bangsal perawatan kelas tiga dan merupakan bangsal rawat inap untuk pasien bedah dan penyakit dalam. Jumlah tempat tidur di bangsal Marwah yang relatif banyak yakni 37 dengan BOR pada tahun 2013 adalah 68,2% sedangkan jumlah perawat adalah 19 orang dimana setiap shift jaga terdapat 4-6 orang perawat termasuk kepala ruang. Beban kerja perawat tentunya tidak sedikit, dilain pihak beban kerja perawat banyak terbantu dengan kehadiran keluarga pasien. Ini berarti beban kerja yang ditanggung perawat dapat berkurang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran beban kerja perawat terkait kegiatan pelayanan yang diberikan perawat dan evaluasi jumlah tenaga perawat.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian case study. Populasi adalah semua perawat yang bekerja di bangsal Marwah dengan jumlah sampel 10 orang perawat atau 55% dari total populasi. Evaluasi kebutuhan tenaga perawat sesuai data beban kerja yang didapat menggunakan rumus Gillies.
Hasil dan Pembahasan : Rata-rata waktu kerja perawat bangsal marwah dalam satu minggu adalah 46,5 jam dimana jam ini lebih dari total jam kerja yang telah ditetapkan departemen tenaga kerja yang hanya 40 jam. Kegiatan yang menjadi beban kerja perawat paling banyak adalah kegiatan keperawatan tidak langsung yakni 41,9 % dari total waktu satu minggu. Selanjutnya kegiatan keperawatan langsung yang memiliki proporsi waktu 19,0%. Kegiatan yang paling sedikit menyita waktu perawat adalah kegiatan edukasi yakni hanya 2,3 %. Selain itu kegiatan non produktif perawat mencapai 36,8 % namun kegiatan ini tidak dimasukan ke dalam beban kerja perawat.
Kesimpulan dan Saran : Menggunakan metode Gillies maka kebutuhan tenaga perawat di bangsal Marwah adalah 14 orang. Tenaga yang tersedia di bangsal marwah adalah 19 orang. Jadi terdapat kelebihan jumlah tenaga di bangsal marwah.
Kata Kunci : Beban Kerja, Kebutuhan Tenaga Perawat, Gillies

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEBUTUHAN KERJA KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT GILLIES
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:36
Last Modified: 23 Jun 2022 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item
View Item