METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Septianto Aditya Prakoso (2020) METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru bimbingan dan konseling dalam menangani kasus bullying pada siswa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dan faktor pendukung serta faktor penghambat guru bimbingan dan konseling dalam menangani kasus bullying. Subjek penelitian ini adalah guru BK yang mengampu kelas VIII dan 4 orang siswa sebagai pelaku dan korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk bullying yang terjadi di sekolah ada 2, bullying verbal dan bullying fisik. Adapun metode yang digunakan guru BK dalam menangani bullying adalah konseling individual, kerjasama dengan wali kelas, kerjasama dengan orang tua dan referal ke psikolog. Faktor pendukung guru BK dalam menangani kasus bullying adalah adanya kerjasama dari berbagai pihak sekolah, konsistennya guru Bk dalam menangani masalah sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kerjasama dari orang tua siswa dan tidak semua permasalahan dilakukan siswa reguler melainkan siswa ABK.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:53
Last Modified: 29 Oct 2021 03:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item
View Item