EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS QURAN MENGGUNAKAN METODE AT-TIBYAN DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN BOGOR

Arich Hawary Anshorullah (2020) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS QURAN MENGGUNAKAN METODE AT-TIBYAN DI TAHFIDZ ANAK USIA DINI SAHABAT QUR’AN BOGOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arus perubahan zaman semakin cepat dan terasa berubah, bukan berarti
menjadikan usaha lembaga pendidikan Islam dasar menjadi melambat dan
tertinggal. Justru dengan adanya perkembangan yang terjadi justru semangat untuk
meningkatkan mutu dan kualitas kemampuan membaca Quran. Dalam hal ini
TAUD SaQu berinovasi melaksanakan pembelajaran membaca Quran
menggunakan metode at-Tibyan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)
mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode at-Tibyan di lembaga TAUD
SaQu; (2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat proses
pembelajaran metode at-Tibyan dalam pembelajaran Qiraah di TAUD SaQu; (3)
menjelaskan peran pengajar dalam proses pembelajaran metode at-Tibyan; (4)
menerangkan ke-efektiv-an pembelajaran dengan metode at-Tibyan terhadap
peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
mengambil lokasi di Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Qur’an Bogor. Subyek
penelitian adalah: Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, pendidik, tenaga pendidikan,
peserta didik dan wali peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah: wawancara mendalam, teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
pengambilan kesimpulan serta verifikasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan; (1) metode At-Tibyan yang
diterapkan di TAUD SaQu di Islamic Center Wadi Mubarak adalah satu sistem
pembelajaran Al Qur’an yang menggunakan teknik Tahajji. Tehnik tahajji
dilakukan dengan 3 tahap yaitu Taḥḍir (penyajian materi), Tamkin (penguatan
materi) dan Muraja’ah (pengulangan materi); (2) faktor pendukung yang
berpengaruh adalah motivasi dan semangat peserta didik, dukungan wali murid dan
kompetensi guru pengajar dalam menerapkan metode yang digunakan; (3) peran
pengajar ditentukan oleh 3 hal yaitu kompetensinya dalam penerapan metode ATTibyan, jiwa pengabdiannya, dan keteladanannya dalam penanaman sikap dan
kedisiplinan terhadap peserta didik; (4) efektivitas hasil belajar dapat di lihat dari
kemampuan siswa dalam membaca huruf, kata dan bacaan ayat Al-Qur’an dengan
baik dan benar. Disamping juga dapat dilihat dari sikap dan akhlak peserta didik
terhadap orang tua, guru dan sesama temannya.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:03
Last Modified: 22 Oct 2021 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item
View Item