PENGARUH KONSELING TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA PASIEN INFEKSI SALURAN NAFAS ATAS DI PUSKESMAS SUNGAISELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH PROPINSI BANGKA BELITUNG

KAMELIA (2014) PENGARUH KONSELING TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA PADA PASIEN INFEKSI SALURAN NAFAS ATAS DI PUSKESMAS SUNGAISELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH PROPINSI BANGKA BELITUNG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

*100 Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) merupakan salah satu penyebab terbesar kunjungan pasien pada sarana kesehatan, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit. Salah satu upaya menurunkan angka kejadian ISPA adalah dengan cara memberikan informasi tentang penggunaan antibiotika secara tepat. Pemilihan Puskesmas Sungaiselan sebagai tempat penelitian, yaitu tingginya angka kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) pada tahun 2012 sebanyak 1656 kasus dan sebagian besar masyarakatnya masih mempunyai kesadaran yang rendah terhadap kepatuhan penggunaan antibiotika dalam pengobatan ISPA. Disinilah pentingnya pemberian konseling dalam upaya menumbuhkan kepatuhan pasien ISPA dalam penggunaan antibiotika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling terhadap kepatuhan pasien ISPA dalam mengkonsumsi antibiotik di Puskesmas Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah dan mengetahui pengaruh faktor sosiodemografi terhadap kepatuhan pasien ISPA dalam mengkonsumsi antibiotik di Puskesmas Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah. Desain penelitian mengunakan metode static-group-comparison design. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kontrol, dengan teknik consecutive sampling, dianalisis menggunakan uji statistik.
Hasil uji Mann-Whitney U Test diperoleh nilai Z hitung sebesar -4,560 dengan signifikansi 0,000 ( sig < 0,05 ) yang berarti berbeda secara statistik. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian konseling terhadap kepatuhan pasien ISPA dalam mengkonsumsi antibiotik di Puskesmas Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah dan tidak ada pengaruh faktor sosiodemografi (pendidikan, umur, jenis kelamin, dan pekerjaan) baik pada kelompok intervensi (diberi konseling) maupun kelompok kontrol (tanpa diberi konseling) terhadap kepatuhan pasien ISPA dalam mengkonsumsi obat antibiotik di Puskesamas Sungaiselan Bangka Tengah Propinsi Bangka Belitung.
Kata Kunci: pasien ISPA, konseling, dan kepatuhan penggunaan antibiotika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *100 KEPATUHAN PENGGUNA ANTIBIOTIKA PASIEN ISPA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:26
Last Modified: 22 Jun 2022 03:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14548

Actions (login required)

View Item
View Item