Teguh Suyono Arifin (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN.AGAMA ISLAM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMALB KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (7MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (847kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita. 2) Mengetahui kesesuaian strategi yang digunakan dengan karakter yang akan dibentuk. 3) Mengetahui keberhasilan pembentukan karakter anak tunagrahita melalui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam. 4) Mengetahui faktor penghambat dan solusi stategi pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pendidikan karakter di SMALB kabupaten Gunungkidul. Sumber data dalam penelitian ini adalah, guru pendidikaan agama Islam. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Macam-macam strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita antara lain, teacher center strategies, deduktif, dan individualisai, 2) Kesesuain strategi pembelajaran yang digunakan dengan karakter religiusitas dengan deduktif; jujur dengan individualisai; disiplin dengan teacher center strategies, individualisasi; deduktif dengan toleransi 3) Keberhasilan pembentukan karakter anak tunagrahita melalui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, antara lain, karakter religiusitas membuat siswa menjalankan sholat dhuha, sholat jamaah, karakter jujur, disiplin membuat siswa menjalankan upacara bendera, apel pagi, toleransi membuat siswa dapat bergaul tanpa membeda-bedakan.4) Penghambat dan solusi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, antara lain motivasi guru untuk pengembangan profesi rendah, perencanaa pembelajaran yang kurang baik, ketrampilan dan keluasan ilmu yang berbeda-beda, letak geografis sekolah sehingga kesulitan jaringan internet, maka solusinya dengan mengadakan workshop, pendidikan kilat supaya menambah motivasi guru dalam pengembangan profesionalitas, penyusunan perencanaan pembelajaran secara bersama-sama peningkatan ketrampilan supaya keluasan ilmu meningkat, serta penyediaaan jaringan internet yang cepat dan stabil.
Kata kunci: Strategi pembelajaran, pendidikan agama Islam, pendidikan karakter, anak tunagrahita
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1475 |