Yahya Warna Kusuma (2020) STRATEGI PROMOSI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) merupakan perusahaan di Yogyakarta bergerak di bidang industri cinderamata khas Yogyakarta berupa kaos oblong. Jogja T-shirt mengenalkan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta melalui kaos oblong bertema budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto. Penelitian ini membahas tentang Strategi Promosi Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) sebagai media pengenalan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto tahun 2019-2020. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan strategi promosi Jogja T-shirt dalam mempromosikan produk kaos oblong melalui media yang dipilih Jogja T-shirt. Sumber dari penelitian berasal dari manajer Jogja T-shirt dan konsumen/wisatawan Jogja T-shirt. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip data perusahaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) melakukan langkah-langkah dengan proses perencanaan, implementasi serta evaluasi. T-shirt Omah Oblong (JETHE) menggunakan strategi media online dan media offline. Pada rancangan pesan Jogja T-shirt memiliki pesan ganda yang ingin disampaikan kepada konsumen melalui produk kaos oblongnya. bauran promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi advertising, publicity dan sales promotion, dimana tidak menggunakan personal selling. Adapun bauran pemasaran yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi, produk, harga, dan promosi, Jogja T-shirt tidak menggunakan distribusi dalam bauran pemasarannya. Tahapan promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt ialah mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih sauran komunikasi, menentukan alokasi anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, dan mengukur hasil promosi.
Dosen Pembimbing: | ASWAD ISHAK, S.IP., M. Si | NIDN530107601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |