Yahya Warna Kusuma (2020) STRATEGI PROMOSI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (656kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Bab I.pdf
Download (477kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) merupakan perusahaan di Yogyakarta bergerak di bidang industri cinderamata khas Yogyakarta berupa kaos oblong. Jogja T-shirt mengenalkan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta melalui kaos oblong bertema budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto. Penelitian ini membahas tentang Strategi Promosi Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) sebagai media pengenalan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto tahun 2019-2020. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan strategi promosi Jogja T-shirt dalam mempromosikan produk kaos oblong melalui media yang dipilih Jogja T-shirt. Sumber dari penelitian berasal dari manajer Jogja T-shirt dan konsumen/wisatawan Jogja T-shirt. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip data perusahaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) melakukan langkah-langkah dengan proses perencanaan, implementasi serta evaluasi. T-shirt Omah Oblong (JETHE) menggunakan strategi media online dan media offline. Pada rancangan pesan Jogja T-shirt memiliki pesan ganda yang ingin disampaikan kepada konsumen melalui produk kaos oblongnya. bauran promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi advertising, publicity dan sales promotion, dimana tidak menggunakan personal selling. Adapun bauran pemasaran yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi, produk, harga, dan promosi, Jogja T-shirt tidak menggunakan distribusi dalam bauran pemasarannya. Tahapan promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt ialah mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih sauran komunikasi, menentukan alokasi anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, dan mengukur hasil promosi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1526 |