Yahya Warna Kusuma (2020) STRATEGI PROMOSI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (656kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) merupakan perusahaan di Yogyakarta bergerak di bidang industri cinderamata khas Yogyakarta berupa kaos oblong. Jogja T-shirt mengenalkan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta melalui kaos oblong bertema budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto. Penelitian ini membahas tentang Strategi Promosi Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) sebagai media pengenalan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto tahun 2019-2020. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan strategi promosi Jogja T-shirt dalam mempromosikan produk kaos oblong melalui media yang dipilih Jogja T-shirt. Sumber dari penelitian berasal dari manajer Jogja T-shirt dan konsumen/wisatawan Jogja T-shirt. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip data perusahaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) melakukan langkah-langkah dengan proses perencanaan, implementasi serta evaluasi. T-shirt Omah Oblong (JETHE) menggunakan strategi media online dan media offline. Pada rancangan pesan Jogja T-shirt memiliki pesan ganda yang ingin disampaikan kepada konsumen melalui produk kaos oblongnya. bauran promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi advertising, publicity dan sales promotion, dimana tidak menggunakan personal selling. Adapun bauran pemasaran yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi, produk, harga, dan promosi, Jogja T-shirt tidak menggunakan distribusi dalam bauran pemasarannya. Tahapan promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt ialah mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih sauran komunikasi, menentukan alokasi anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, dan mengukur hasil promosi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1526 |