STRATEGI PROMOSI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020

Yahya Warna Kusuma (2020) STRATEGI PROMOSI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) merupakan perusahaan di Yogyakarta bergerak di bidang industri cinderamata khas Yogyakarta berupa kaos oblong. Jogja T-shirt mengenalkan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta melalui kaos oblong bertema budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto. Penelitian ini membahas tentang Strategi Promosi Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) sebagai media pengenalan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta ikon Keluarga Bedjokarto tahun 2019-2020. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan strategi promosi Jogja T-shirt dalam mempromosikan produk kaos oblong melalui media yang dipilih Jogja T-shirt. Sumber dari penelitian berasal dari manajer Jogja T-shirt dan konsumen/wisatawan Jogja T-shirt. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, arsip data perusahaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan Jogja T-shirt Omah Oblong (JETHE) melakukan langkah-langkah dengan proses perencanaan, implementasi serta evaluasi. T-shirt Omah Oblong (JETHE) menggunakan strategi media online dan media offline. Pada rancangan pesan Jogja T-shirt memiliki pesan ganda yang ingin disampaikan kepada konsumen melalui produk kaos oblongnya. bauran promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi advertising, publicity dan sales promotion, dimana tidak menggunakan personal selling. Adapun bauran pemasaran yang digunakan oleh Jogja T-shirt meliputi, produk, harga, dan promosi, Jogja T-shirt tidak menggunakan distribusi dalam bauran pemasarannya. Tahapan promosi yang digunakan oleh Jogja T-shirt ialah mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih sauran komunikasi, menentukan alokasi anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, dan mengukur hasil promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:39
Last Modified: 29 Oct 2021 03:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item
View Item