PENGARUH PENDIDIKAN, TINGKAT UPAH, MASA KERJA DAN USIA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA

MUHAMAD MUSLIH (2014) PENGARUH PENDIDIKAN, TINGKAT UPAH, MASA KERJA DAN USIA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dari proses produksi yang dilakukan, adalah tidak lepas dari bantuan para tenaga kerja yang dimiliki. Tenaga kerja adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas suatu perusahaan karena tenaga kerja lebih penting dari faktor produksi modal dan jika tidak ada tenaga kerja maka tidak akan ada tenaga yang mampu menggerakan roda produksi, sehingga harus dimanfaatkan seefesien mungkin agar dapat menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Oleh karena itu perhatian dalam bidang sumber daya manusia tidak boleh diabaikan begitu saja, karena merupakan langkah awal dalam merencanakan tenaga kerja agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas di bidangnya. Dapat dikatakn sumber daya manusia memegang peranan penting dari saat perencanaan, perumusan, sasaran dan tujuan sampai pada strategi dalam mencapai cita-cita yang diinginkan oleh perusahaan, yaitu meningkatkan produktivitas tenaga kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan, tingkat upah, masa kerja dan usia terhadap produktivitas tenaga kerja pada Industri Kerajinan Batik Kayu di Dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Subyek peneltian berjumlah 50 Sanggar kerajinan batik kayu di dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi berganda, yang sebelumnya. Terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa dari seluruh variabel pendidikan, tingkat upah, masa kerja dan usia berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. hasil dari seluruh variabel pendidikan, tingkat upah, masa kerja dan usia mampu menjelaskan produktivitas tenaga kerja pada industri batik kayu di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul sebesar 41%.
Kata Kunci : Pendidikan,Tingkat Upah, Masa Kerja, Usia, Produktivitas Tenaga kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN - TINGKAT UPAH - MASA KERJA - USIA - PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 09:16
Last Modified: 20 Jun 2022 09:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15370

Actions (login required)

View Item
View Item