ERWIN HIDAYAT (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN (P3Q) UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN PADA SISWA SISWA KELAS III DI SDN III SONGBLEDEG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Abstract.pdf
Download (6kB)
Bab I.pdf
Download (32kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada jenjang pendidikan tingkat
dasar, membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an merupakan kompetensi yang
harus dicapai dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun masih
banyak sekali lulusan siswa sekolah dasar yang masih belum mampu membaca
dan menulis Al-Qur’an. Saat ini sebenarnya sudah berkembang berbagai metode
metode baca tulis Al-Qur’an, namun masih belum sepenuhnya mampu menunjang
pencapaian komptensi membaca dan menulis Al-Qur’an secara efektif. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran membaca dan
menulis Al-Qur’an dengan menggunakan Peraga Praktis Pembelajaran Al-Qur’an
(P3Q).
Penlitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan
selama 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Untuk pengumpulan
data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Subyek penelitian ini dalah siswa kelas III SDN III Songbledeg yang berjumlah
17 anak.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan P3Q meningkatkan efektifitas pembelajaran membaca dan menulis
Al-Qur’an. Efektifitas dan nilai rata-rata siswa pun meningkat secara bertahap.
Pada siklus 1 presentase efekifitas pembelajaran mencapai 52,95%, silus ke 2
meningkat menjadi 76,47% dan meningkat lagi pada silus ke 3 menjadi 94,12%.
Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan secara bertahap. Siklus 1 rata –
rata nilai siswa 69,94 meningkat pada siklus 2 menjadi 76,17, dan meningkat lagi
pada siklus ke 3 menjadi 82,12. Ini membuktikan bahwa pembelajaran membaca
dan menulis Al-Qur’an dengan menggunakan P3Q dapat meningkatkan efektifitas
pembelajaran.
Kata Kunci : Efektif, Peraga Praktis Pembelajaran Al-Qur’an, Membaca dan
Menulis Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIF - PERAGA PRAKTIS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN - MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 09:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 09:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15453 |