TINGKAT PERSAINGAN KORAN HARIAN JOGJA DAN KORAN TRIBUN JOGJA DALAM MEMPEREBUTKAN KUE IKLAN

SAPTAJI (2014) TINGKAT PERSAINGAN KORAN HARIAN JOGJA DAN KORAN TRIBUN JOGJA DALAM MEMPEREBUTKAN KUE IKLAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian persaingan kedua media massa cetak yaitu Koran Harian Jogja dan
Tribun Jogja ini dilakukan karena kedua media mempunyai karakteriktik yang
sama. Media mempunyai sumber daya yaitu iklan, semakin banyak media
maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media
mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan
semakin ketat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Niche, teori ini
digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara media. Di
dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan 2 teknik
perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk
mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche
Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua
media.Penelitian ini juga menggunakan metode Deskriptif kuantitatif. Metode
deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu
objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa
pada masa sekarang Dari data yang didapatkan selama 3 bulan, maka
didapatkan data kedua Koran Niche Breadthnya berada pada kategori moderat.
Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua
media berada pada kategori yang ketat dalam memperebutkan kue iklan. Maka
dengan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa
tersebut.
Kata Kunci : Koran Harian Jogja, Koran Tribun Jogja, Persaingan Media,
Deskriptif Kuantitatif, Teori Niche, Niche Breadth, Niche Overlap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KORAN HARIAN JOGJA KORAN TRIBUN JOGJA PERSAINGAN MEDIA DESKRIPTIF KUANTITATIF TEORI NICHE NICHE BREADTH NICE OVERLAP
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 09:31
Last Modified: 28 Dec 2021 09:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item
View Item