Yunika Refa Yudanti (2020) MANAJEMEN EVENT JOGJABIKE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNAAN SEPEDA OLEH WISATAWAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (772kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (544kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Event Jogja Merdeka Bersepeda, Sepeda Teman Berwisata, dan JogjaBike 1st Anniversary, 1 Nusa, 1 Bangsa, 1 Semangat Bersepeda merupakan event yang diselenggarakan oleh JogjaBike. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen event yang dilakukan dalam ketiga event tersebut guna meningkatkan jumlah penggunaan sepeda JogjaBike oleh wisatawan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam atau in-depth interview, dokumentasi, dan data pendukung lain. Terdapat dua aspek yang menjadi acuan penelitian peneliti, yaitu konsep manajemen event dan promosi event yang dilakukan oleh JogjaBike.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen event dilakukan JogjaBike dalam meningkatkan jumlah penggunaan sepeda adalah riset event, perencanaan event, pelaksanaan event, dan evaluasi. Ketiga event ini bertujuan agar lebih meningkatkan awareness masyarakat terhadap JogjaBike sehingga meningkatkan jumlah penggunaan sepeda, khususnya di Yogyakarta. Pada dasarnya ketiga event JogjaBike merupakan event yang menggunakan sepeda dari titik start menuju ke titik finish yang telah ditentukan dalam masing-masing event. Ketiga event memiliki tema dan target audiens yang berbeda. Tema dan terget audiens yang dilpih dalam event Event Jogja Merdeka Bersepeda, Sepeda Teman Berwisata, dan JogjaBike 1st Anniversary, 1 Nusa, 1 Bangsa, 1 Semangat Bersepeda ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai.
Kata Kunci : Manajemen Event, JogjaBike, Wisatawan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1554 |