MANAJEMEN EVENT JOGJABIKE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNAAN SEPEDA OLEH WISATAWAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2019

Yunika Refa Yudanti (2020) MANAJEMEN EVENT JOGJABIKE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNAAN SEPEDA OLEH WISATAWAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Event Jogja Merdeka Bersepeda, Sepeda Teman Berwisata, dan JogjaBike 1st Anniversary, 1 Nusa, 1 Bangsa, 1 Semangat Bersepeda merupakan event yang diselenggarakan oleh JogjaBike. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen event yang dilakukan dalam ketiga event tersebut guna meningkatkan jumlah penggunaan sepeda JogjaBike oleh wisatawan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam atau in-depth interview, dokumentasi, dan data pendukung lain. Terdapat dua aspek yang menjadi acuan penelitian peneliti, yaitu konsep manajemen event dan promosi event yang dilakukan oleh JogjaBike.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen event dilakukan JogjaBike dalam meningkatkan jumlah penggunaan sepeda adalah riset event, perencanaan event, pelaksanaan event, dan evaluasi. Ketiga event ini bertujuan agar lebih meningkatkan awareness masyarakat terhadap JogjaBike sehingga meningkatkan jumlah penggunaan sepeda, khususnya di Yogyakarta. Pada dasarnya ketiga event JogjaBike merupakan event yang menggunakan sepeda dari titik start menuju ke titik finish yang telah ditentukan dalam masing-masing event. Ketiga event memiliki tema dan target audiens yang berbeda. Tema dan terget audiens yang dilpih dalam event Event Jogja Merdeka Bersepeda, Sepeda Teman Berwisata, dan JogjaBike 1st Anniversary, 1 Nusa, 1 Bangsa, 1 Semangat Bersepeda ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai.

Kata Kunci : Manajemen Event, JogjaBike, Wisatawan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:46
Last Modified: 30 Oct 2021 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item
View Item