FEBRIANI SEKTI SAPUTRI (2013) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN JAMPERSAL DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (4MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (390kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (11MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (640kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
Abstract
Dalam rangka mendukung kesehatan terutama untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap persalinan Ibu hamil serta tingginya biaya persalinan bagi Ibu hamil. Pemerintah telah mengeluarkan undang-undang persalinan yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2562/Menkes/Per/XII/2011 tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan. RSUD Panembahan Senopati Bantul merupakan penyedia jasa pelayanan jampersal yang telah bekerja sama dengan pemerintah guna meringankan biaya persalinan untuk Ibu hamil. Untuk itu diperlukan analisis untuk menganalisis indikator-indikator yang dapat mempengaruhi Indeks Kepuasan Masyarakat. Oleh karena itu masalah yang harus diselesaikan adalah “Bagaimana Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Jampersal di RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul Tahun 2011-2012”. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 150 orang dan metode yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis yang digunakan adalah dengan mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan Kep.MENPAN No. 25 Tahun 2004. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengukuran nilai IKM semua unsur pelayanan mendapatkan nilai rata-rata unsur pelayanan yang baik, tentu saja hal tersebut harus dipertahankan dan ada 5 indikator yang memiliki nilai rendah yaitu (kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, dan kepastian jadwal pelayanan) yang harus ditingkatkan untuk menjaga kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Hal ini dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diukur berdasarkan 14 indikator yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil survey di RSUD Panembahan Senopati Bantul diperoleh IKM unit pelayanan 77,18 dengan mutu pelayanan B dan kinerja yang baik, karena berada di nilai interval konversi IKM 62,51-81,25. Dari hasil survey indeks kepuasan masyarakat di RSUD Panembahan Senopati Bantul secara keseluruhan menunjukkan hal yang positf dan dikategorikan dalam kondisi yang baik. Dengan kata lain RSUD Panembahan Senopati Bantul mampu menurunkan tingkat resiko angka kematian Ibu hamil akibat keterlambatan penangganan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer satisfaction, service Jampersal, Community Satisfaction Index (CSI) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 08:34 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15613 |