GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TAMBAL GIGI DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT - PENDIDIKAN (RSGM-P) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

HANDIYANI ASTARI (2014) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TAMBAL GIGI DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT - PENDIDIKAN (RSGM-P) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)

Abstract

Pengguna jasa sudah semestinya menuntut pelayanan yang berkualitas dari rumah sakit. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan UMY rerata pasien terbanyak adalah pasien yang melakukan tambal gigi. Penelitian bermaksud untuk meneliti persepsi kepuasan pasien terhadap pelayanan tambal gigi oleh mahasiswa profesi di RSGM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi yang diambil seluruh pasien yang datang berobat ke RSGMP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diberikan pelayanan tambal gigi oleh mahasiswa profesi. Sampel diambil dengan menggunakan cara Puporsive Sampling sebanyak 71 pasien. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien berupa Dental Satisfaction Questionare (DSQ), dengan 4 dimensi yaitu: manajemen rasa sakit, kualitas, akses total dan perawatan lain yang diterima.
Persepsi kepuasan pasien terhadap pelayanan tambal gigi, dapat ditinjau dari 4 dimensi yaitu, pain manegement, quality, acces total, pertanyaan not on a subscale, adalah kepuasan pada kategori tinggi (puas). Gambaran persepsi kepuasan pasien tambal gigi terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSGM-P UMY berdasarkan dimensi rasa sakit sebesar 24, 18%, dimensi kualitas sebesar 25,92%, dimensi akses total sebesar 25,38%, dan berdasarkan perawatan lain sebesar 24,52%. Maka dapat diambil kesimpulan: secara keseluruhan pasien pasien merasa puas terhadap perawatan tembal gigi oleh mahasiswa profesi di RSGMP UMY.

Kata Kunci: RSGMP UMY, kepuasan tambal gigi, Dental Statisfaction Quesitor (DSQ).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RSGMP UMY - KEPUASAN TAMBAL GIGI - DENTAL STATISFACTION QUESITOR (DSQ)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:21
Last Modified: 21 Jun 2022 06:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15690

Actions (login required)

View Item
View Item