Citra Ajeng Sari (2020) STUDI DESKRIPTIF MOTIF FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @KULINERYOGYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (497kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab I.pdf
Download (444kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (844kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (623kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Departemen Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Broadcasting
Citra Ajeng Sari
NIM : 20160530243
Studi Deskriptif Motif Followers Dalam Mengakses Akun Isntagram @kulineryoga
Tahun Skripsi : 2020 + 181
Daftar Pustaka : 21 Buku + 23 Jurnal + 12 Sumber Online
Penelitian ini bertujuan untuk mencari motif apa saja yang mempengaruhi followers dalam mengakses akun instagram @kulineryogya. Motif merupakan dorongan dalam diri manusia yang timbul dikarenakan adanya kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh manusia tersebut (Innova:2016). Seperti yang kita ketahui bahwa setiap individu memiliki motif yang berbeda beda dalam mengakses suatu media sosial. Akun @kulineryogya merupakan akun yang mempunyai followers terbanyak dari akun kuliner yang ada di Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan sepuluh indikator motif yang dikemukakan oleh Whiting dan Williams (2013).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang melibatkan 400 responden yakni followers akun @kulineryogya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, observasi serta dokumentasi peneliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif yang meliputi mean, median, modus serta standar deviasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua motif masuk dalam kategori sedang. Motif pertama followers dalam mengakses akun @kulineryogya adalah motif relaksasi (72,2%), motif kedua adalah motif kegunaan berkomunikasi (72%), motif ketiga adalah motif hiburan (70,5%), motif ke empat yaitu motif pengawasan atau pengetahuan tentang orang lain (70,2%), motif kelima adalah motif mengekspresikan pendapat (65,7%), motif ke enam yaitu motif berbagi informasi (64%), motif ke tujuh adalah motif pencarian informasi (61%), motif kedelapan yakni motif kegunaan kenyamanan (57%), motif ke sembilan adalah motif menghabiskan waktu (50,4%), dan motif yang terakhir adalah motif interaksi sosial (42,2%).
Kata Kunci : Motif, Instagram, @kulineryogya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1572 |