EVALUASI PENERAPAN SISTEM REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN BARU DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN

ABD. MAJAKIN (2015) EVALUASI PENERAPAN SISTEM REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN BARU DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (36kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian: Setiap regulasi yang ada pada sebuah organisasi yang telah disusun harus dilakukan evaluasi dan monitoring untuk mengetahui sejauh mana penerapan atau tingkat keberhasilannya sebagaimana prinsip dasar manajemen. Begitu pula dengan Pedoman Penerimaan Karyawan Baru (Rekrutmen dan seleksi) di RS Muhammadiyah Lamongan yang telah diterapkan bertahun tahun, juga diperlukan adanya penilaian dan pengukuran hasil kegiatan sehingga diharapkan dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap pedoman dan pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi di RSML. Pedoman Penerimaan karyawan baru RSML yang telah ada sejak tahun 2001 tersebut belum dilengkapi dengan tinjauan literatur, belum ada Evaluasi Hasil Rekrutmen dan Seleksi, serta belum pemah dibandingkan dengan pedoman dan pelaksanaan di institusi pelayanan kesehatan yang lain. Tujuan Penelitian: Mengevaluasi kesesuaian antara pedoman penerimaan karyawan RSML dengan teori rekrutmen dan seleksi secara umum, mengevaluasi hasil penerimaan pada tahun 2009 dalam hal cost-benefit analysis, selection rate, dan nilai dasar keberhasilan yang difokuskan pada turn over karyawan, membandingkan sistem dan hasil rekrutmen dan seleksi RS Muhammadyah Lamongan dengan RS PKU Muhammadiyah Delanggu. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskripstifdokumentatif pada Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dan dilakukan komparasi pada salah satu Rumah Sakit yang lain untuk dapat membandingkan Cost-Benefit Analysis (analisa biaya-manfaat), selection rate (nilai seleksi) dan nilai dasar keberhasilan (fokus turn over) karyawan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu. Dengan demikian dalam penelitian ini menggunakan metode campuran berupa kualitatif, deskriptif dan komparatif. Obyek penelitian ini adalah Pedoman Penerimaan Karyawanan dan laporan hasil rekrutmen dan seleksi, penempatan karyawan baru, dan karyawan basil rekrutmen dan seleksi tahun 2009 yang akan diteliti Cost-Beneflt Analysis (analisa biaya-manfaat), selection rate (nilai seleksi) dan nilai dasar keberhasilan (fokus turn over) karyawan, serta akan dikomparasikan dengan hasil rekrutmen dan seleksi karyawan baru di RS PKU Muhammadiyah Delanggu Klaten. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Jawa Timur sebagai obyek utama dan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu Jawa Tenggah sebagai obyek pembanding.
Hasil dan Kesimpulan Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Pedoman rekrutmen dan seleksi RSML belum sesuai dan belum dapat memenuhi semua item tata cara dan tahapan standar rekrutmen dan seleksi yang ada dalam referensi umum. Analisa biaya dan manfaat (cost-beneflt analysis) rekrutmen dan seleksi di RSML tahun 2009 sangat tinggi, per karyawan diterima membutuhkan biaya Rp. 1.186.153,- (satu juta seratus delapan puluh enam ribu seratus limapuluh tiga rupiah) dan benefit yang diperoleh adalah loyalias, militansi, kebaggaan dan turn over yang rendah, nilai seleksinya (selection rate) sangat baik yang dapat menghasilkan karyawan untuk dipekerjakan sebanyak 13,98%, nilai dasar keberhasilan (fokus pada tum over) karyawan sangat rendah sebesar 1,3%. 2. Studi Komparasi antara RSM Lamongan dengan RS PKU Muhammadiyah Delanggu menunjukkan : a. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan terhadap kelengkapan pedoman dan dokumen Rekrutmen dan seleksi antara RS Muhammadiyah Lamongan dan RS PKU Muhammadiyah Delanggu, terdapat kesamaan dari sebagian besar item dalam penerapan pedoman penerimaan antara RSML dengan RS PKU Muhammadiyah Delangggu. b. Dalam Evaluasi Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi yang terdiri dari Cost-Benefit Analysis (fokus pada biaya penerimaan), selection rate dan tum over terdapat perbedaan yang signifikan, dimana analisis biaya penerimaan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Rp. 1.186.153,- dan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu Rp. 665.455, Nilai seleksi (selection rate/SR) di RS Muhammadiyah Lamongan 13,98%, dan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu 6,21%. Pencapaian target penerimaan di RS Muhammadiyah Lamongan 60,46% dan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu 100%, Nilai Dasar Keberhasilan (tum over) di RS Muhammadiyah Lamongan 1,3%, dan di RS PKU Muhammadiyah Delanggu 3,53%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Recruitmen and Selection, Cost-Benefit Analysis, Selection Rate, the success of the basic values (Turn Over)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:24
Last Modified: 06 Jan 2024 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item
View Item