STRATEGI KAMPANYE PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019

Andi Muhammad Sary Sakti (2020) STRATEGI KAMPANYE PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi kampanye Nasdem akan dianalisa dengan empat indikator teori pemasaran bauran (mix marketing) yang dikenal dengan 4P, yaitu product, price, place, promotion. Dipilihnya Nasdem sebagai obyek kasus dalam penelitian ini karena Nasdem sebagai partai baru dianggap berhasil dalam proses kampanye politik pada Pemilu 2019 dan merupakan partai yang mengalami peningkatan tertinggi dari Pemilu sebelumnya dibanding partai-partai yang lainnya. Ketika sejumlah survei mengatakan Nasdem tidak bakal lolos ambang batas parlemen, kenyataannya partai nasionalis ini bertengger di lima partai besar pada Pemilu 2019. Secara metodologis, artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumentasi terutama dari media massa online. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa dari empat indikator pemasaran bauran yang digunakan oleh Nasdem, indikator price (harga) adalah indikator yang paling mempengaruhi kemenangan Nasdem pada Pemilu 2019, terutama pada harga citra yang disimbolkan pada kekuatan sosok Surya Paloh. Selain itu, citra Nasdem sebagai partai pendukung Capres Petahana Jokowi juga turut mempengaruhi besarnya perolehan suara Nasdem pada Pemilihan Legislatif 2019.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:02
Last Modified: 23 Oct 2021 05:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item