Teachers’ Perceptions on English Textbook Quality and Strategies of Using Textbook

Icha Dian Indriani (2020) Teachers’ Perceptions on English Textbook Quality and Strategies of Using Textbook. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)

Abstract

Buku teks merupakan salah satu bahan penting yang dibutuhkan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini berfokus untuk menyelidiki persepsi kualitas buku teks dan strategi penggunaan buku teks yang dipersepsikan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah kejuruan negeri di Yogyakarta dengan melibatkan seorang guru bahasa Inggris perempuan dan satu laki-laki yang telah mengajar lebih dari sepuluh tahun. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan wawancara dan analisis dokumen untuk memperkaya dan memperoleh data rinci dari partisipan. Hasil pertama penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas buku teks bahasa Inggris pemerintah baik karena persepsi guru menunjukkan lebih banyak kelebihan daripada kelemahan dan sesuai dengan kriteria buku teks bahasa Inggris baik ditinjau dari pertimbangan praktis, kegiatan, mata pelajaran, dan konten. Namun, pemerintah perlu merancang buku ajar berbasis SMK negeri karena buku teks khusus SMK negeri belum tersedia. Juga dari segi tata letak dan desain perlu direvisi. Ini bisa dalam bentuk instruksi tentang bagaimana buku teks dapat digunakan. Dalam hal penggunaan bahasa dalam buku teks, buku teks perlu perbaikan dalam penjelasan tata bahasa dengan contoh yang singkat dan mudah. Buku teks juga perlu mewakili register dan aksen rentang keragaman. Hasil kedua penelitian ini menunjukkan tiga strategi penggunaan buku teks, yaitu; menggunakan materi tambahan, menulis ulang materi sendiri, dan mengganti aktivitas.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:32
Last Modified: 21 Oct 2021 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item
View Item