English Language Education Department Student’s Perception on the Benefit of Joining English for Tourism Class

Enni Safitri (2020) English Language Education Department Student’s Perception on the Benefit of Joining English for Tourism Class. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata kuliah Bahasa Inggris untuk pariwisata ditujukan untuk para profesional yang akan menggunakan bahasa asing dalam karir mereka. Salah satu mata kuliah pilihan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta adalah mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. Peneliti melakukan penelitian persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tentang manfaat mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata. Dua pertanyaan penelitian mendasari penelitian ini. Yaitu apa saja manfaat dan tantangan mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata berdasarkan persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris universitas swasta di Yogyakarta. Metode kualitatif dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian. Tiga peserta dari angkatan 2016 dan 2017 diwawancarai oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Yaitu, satu orang mahasiswa angkatan 2017 dan dua orang mahasiswi angkatan 2016. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata pada semester genap 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa manfaat mengikuti kelas Bahasa Inggris untuk Pariwisata. Manfaatnya yaitu, memberikan pengetahuan baru, meningkatkan keterampilan berbicara, meningkatkan keterampilan menulis, meningkatkan keterampilan mendengarkan, meningkatkan kosakata baru, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Disisi lain, mereka menghadapi beberapa tantangan dalam mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata seperti kecemasan, kurangnya kosakata, kurangnya keterampilan menulis, masalah teknis, dan menghafal kalimat.
Kata kunci: Persepsi mahasiswa, manfaat, tantangan, Bahasa Inggris untuk Pariwisata

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:47
Last Modified: 22 Oct 2021 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item
View Item