PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII ICT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

INGE BAHAGIA NINGRUM (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII ICT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII ICT di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan ingin membuktikan apakah ada pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap minat belajar.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampel yang dilakukan hanya pada kelas VII ICT dengan jumlah 46 siswa. Penulis memilih purposive sampel hanya pada kelas khusus ICT karena kelas VII ICT ini berbeda dengan kelas lain, keunggulannya yaitu bahwa kelas VII ICT dalam program belajar mengajar dalam berbagai mata pelajaran sudah menggunakan Internet sebagai media. Selain itu juga di dalam kelas VII ICT ini sudah ada fasilitas wifi sendiri sehingga siswa bisa mengakses internet kapan saja ketika proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data regresi linier.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) intensitas penggunaan internet siswa kelas VII ICT di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada kategori sedang, dengan presentasi sebesar 69,57 %. 2) minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII ICT di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada kategori sedang, dengan presentase sebesar 63,87 %. 3) hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 for windos diperoleh angka koefisien korelasi 0,646. Angka ini lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti tidak ada pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII ICT di SMP Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *17 INTERNET, MINAT BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:51
Last Modified: 15 Jun 2022 03:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16778

Actions (login required)

View Item
View Item