PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSI, KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEBIJAKAN INVESTASI, KEBIJAKAN UTANG, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA

TRI AGUSTIAWAN (2015) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSI, KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEBIJAKAN INVESTASI, KEBIJAKAN UTANG, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: struktur kepemilikan institusi, kepemilikan manajer, kebijakan investasi, kebijakan, utang, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan Price-to-Book Value, dengan menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 406 perusahaan manufaktur dengan sampel penelitian sejumlah 61 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling yakni penentuan jumlah sampel yang diambil secara acak berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Bertujuan untuk melihat pengaruh secara simultan maupun secara individu variabel-variabel independen terhadap dependen. Sebelum diuji dengan regresi berganda, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik untuk mendapatkan data yang valid untuk diolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen: kepemilikan institusional, kepemilikan manajer, kebijakan investasi, kebijakan utang, dan kebijakan dividen mempengaruhi variabel dependen: nilai perusahaan. Secara individu, variabel kebijakan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional, kepemilikan manajer, dan kebijakan utang berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel kebijakan dividen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *177 KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJER, KEBIJAKAN INVESTASI, KEBIJAKAN UTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, NILAI PERUSAHAAN.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:21
Last Modified: 15 Jun 2022 03:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item
View Item