STRUKTUR ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA PENGARUH PENYUSUSNAN ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI PADA UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

AHMAD AZIZ AFIF (2006) STRUKTUR ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA PENGARUH PENYUSUSNAN ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDI PADA UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Telah banyak peneliti menggunakan struktur organisasi sebagai pendekatan kontinjensi untuk menganalisa efektivitas pengaruh penyusunan anggaran partisipatif terahadap kinerja manajerial. Akan tetapi hasil penelitian mengenai pengarauh struktur organisasi terhadap hubungan antara penyusunan anggaran partisipasi dan kinerja manajerial tidaklah senantiasa konsisten dan kontradiktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali efektivitas struktur organisasi sebagai variabel yang memoderasi pengaruh penyusunan anggaran partisipatif terhadap kinetja manajcrial. Kuesioner disebarkan kepada 39 manajer menengah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 30 responden mengembalikan kucsioncr dan menjawab secara lengkap (77%). selanjutnya data dianalisis menggunakan moderated regression analisis (MRA). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa struktur organisasi tidak mempengaruhi efektivitas pengaruh penyusunan anggaran partisipatif terhadap kincrja manajerial. Hasil ini tidak mendukung pemyataan bahwa pengaruh partisipasi dalam proses penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial akan tinggi pada struktur organisasi yang terdentralisasi, sebaliknya pengaruh partisipasi dalam proses penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial akan rcndah pad• struktur organisasi yang tersentralisasi dan mendukuuga pernyataan bahwa struktur organisasi desentralisasi tidak mempengaruhi hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENYUSUSNAN ANGGARAN PARTISIPATIF, KINERJA MANAJERIAL
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:33
Last Modified: 13 Jun 2022 08:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/16830

Actions (login required)

View Item
View Item