Sherly Uswiati (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PLATFORM EDUTECH ILMU PERHOTELAN DAN PARIWISATA AJAR.ID DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA PADA TAHUN 2019. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (423kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab I.pdf
Download (442kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Berkembangnya industri platform edutech di era digital saat ini membuat beberapa perusahaan mulai memanfaatkan peluang, salah satunya adalah AJAR yang merupakan satu-satunya platform edutech yang menyediakan materi pembelajaran Ilmu Perhotelan dan Parwisata. Untuk tetap bertahan, AJAR melakukan beberapa strategi komunikasi pemasaran untuk menarik jumlah pengguna berdasarkan target dan segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memberikan deskripsi lengkap mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh AJAR.id sebagai salah satu platform Education Technology yang berfokus pada bidang pendidikan Ilmu Perhotelan dan Pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara pengumpulan data melalui in-depth interview dan studi dokumentasi. Jenis sumber data yang didapatkan yaitu berupa data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan cara mewawancarai informan kunci di AJAR.id yaitu Chief Executive Operations dan Head of Content Media. Sedangkan data sekunder didapatkan dari literature, dokumen-dokumen AJAR, serta internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan menggunakan tahapan seperti perencanaan, implementasi, hingga monitoring dan evaluasi. Tools atau bauran pemasaran yang digunakan pun beragam seperti periklanan, hubungan masyarakat, pemasaran digital, penjualan personal, pemasaran langsung, hingga pemasaran mulut ke mulut. Dari semua alat yang digunakan, pemasaran mulut ke mulut dianggap paling efektif dan berpengaruh besar dalam meningkatkan jumlah pengguna platform dari tahun 2018 hingga 2019.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1701 |