KNOWLEDGE, ATTITUDE, DAN PRACTICE DALAM PENGGUNAAN KOSMETIK MENGANDUNG KORTIKOSTEROID TOPIKAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER

ARI CAHYANING PUTRI (2015) KNOWLEDGE, ATTITUDE, DAN PRACTICE DALAM PENGGUNAAN KOSMETIK MENGANDUNG KORTIKOSTEROID TOPIKAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Kortikosteroid merupakan bahan yang sering disalahgunakan sebagai kosmetik pemutih. Oleh karena itu perlu dilakukan edukasi kepada pengguna kosmetik. Sebelum edukasi perlu diketahui knowlegde, attitude, dan practice (KAP) pengguna kosmetik agar hasil edukasi lebih efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat KAP pengguna kosmetik.
Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa perempuan Pendidikan Dokter UMY. Sampel penelitian berjumlah 65 orang dibagi dalam 3 kelompok, 32 orang sebagai kelompok A yaitu memakai kosmetik mengandung kortikosteroid dan mengetahui, 15 orang sebagai kelompok B yaitu memakai kosmetik mengandung kortikosteroid tetapi tidak mengetahui, dan 18 orang sebagai kelompok C yaitu tidak memakai kosmetik yang mengandung kortikosteroid.
Uji statistik menunjukkan pada tiga kelompok hanya terdapat perbedaan bermakna pada knowledge (p=0,044) dan practice (p=0,000). Dengan Uji Post Hoct perbedaan knowledge bermakna terdapat pada kelompok A dengan C (p=0,021), untuk practice perbedaan bermakna terdapat pada kelompok A dengan B (p=0,000), A dengan C (p=0,015), B dengan C (p=0,001).
Kesimpulan penelitian adalah pengetahuan secara umum 44,6% dalam kategori baik, sikap secara umum 64,6% dalam kategori baik, perilaku secara umum 33,8% dalam kategori buruk. Pada tiga kelompok responden hubungan KAP tidak selalu sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *39 KNOWLEGDE, ATTITUDE, PRACTICE, KOSMETIK, KORTIKOSTEROID.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:49
Last Modified: 11 Jun 2022 07:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

View Item
View Item