STRATEGI BRANDING THE ALANA HOTEL & CONVENTION CENTER YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN CORPORATE BRANDING SEBAGAI MICE HOTEL TAHUN 2019

Yolanda Aditya Ismi Sa'adah (2020) STRATEGI BRANDING THE ALANA HOTEL & CONVENTION CENTER YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN CORPORATE BRANDING SEBAGAI MICE HOTEL TAHUN 2019. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang sering menjadi tujuan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Hadirnya banyak hotel yang representatif semakin memperkuat jati diri Yogyakarta sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta merupakan hotel bintang empat yang memiliki brand sebagai MICE hotel di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi branding yang dilakukan oleh The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta dalam meningkatkan corporate branding sebagai MICE hotel tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan lokasi penelitian di The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam serta studi dokumen. Hasil penelitian, temuan unik The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi branding MICE hotel yaitu, pada nama brand serta logonya tertera keterangan convention center yang sesuai dengan konsep branding MICE hotel, merancang pesan brand dengan tagline sesuai konsep yang diinginkan hotel, melakukan identifikasi brand yang ingin disampaikan kepada audiens bahwa konsep MICE hotel yang dimiliki merupakan MICE hotel berstandar international yang berkapasitas besar hingga 3.000 orang. Implementasi strategi branding terletak pada kegiatan promosi yang dilakukan oleh Sales Marketing yang selalu menyampaikan konsep MICE. Hotel ini juga sering mengadakan kegiatan MICE seperti gathering dan exhibition dengan bekerja sama dengan media maupun pemerintah. Data menunjukkan terdapat peningkatan klien yang mengadakan MICE di The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta pada tahun 2019. Peningkatan tersebut hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya setelah melakukan branding yang dilakukan secara berkelanjutan dan pada tahun 2019 tersebut juga menjadi achievement tertinggi sejak hotel tersebut dibuka. Strategi branding yang dilakukan oleh hotel sudah diimplementasikan dengan baik mulai dari konsep penyusunannya, langkah-langkah dalam pengimplementasiannya, serta pemilihan tools yang dilibatkan dalam branding sebagai MICE hotel.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:47
Last Modified: 01 Nov 2021 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item
View Item