PENERAPAN EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

ROHMAT SAWALI (2015) PENERAPAN EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

*22 Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) Bagaimana perencanaan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (3) Bagaimana penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (4) Permasalahan-permasalahan dalam penerapan evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data diambil dari data observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak sudah dilakukan dengan baik. (2) Perencanaan evaluasi afektif mata pelajaran akidah akhlak sudah dilakukan, meskipun pada tahap perencanaan ini belumlah lengkap sebagaimana tuntutan dari kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. (3) Pada tahap penerapan evaluasi tersebut, guru masih kurang baik. pelaksanaan tidak sepenuhnya sesuai dengan perencanaan. Selain itu pelaksanaan juga banyak dilaksanakan tanpa adanya perencanaan, sehingga terkesan tidak standar dan kurang relialel tentunya dalam pengukuran afektif siswa. (4) Banyak ditemukan permasalahan terkait seluruh rangkaian evaluasi afektif mata pelajaran akidah akhlak. Permasalahan-permasalan tersebut dimulai dari pemahaman guru tentang evaluasi afektif yang masih kurang, proses perencanaan yang sulit dilakukan karena keterbatasan waktu dan tenaga guru, dan pada teknis penerapan evaluasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *22 PENERAPAN, EVALUASI AFEKTIF, PERENCANAAN, MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:49
Last Modified: 09 Jun 2022 08:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17614

Actions (login required)

View Item
View Item