PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)

FITRI ANDRIYANI (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran (studi kasus siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta) Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dengan mengambil populasi siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Adapun yang menjadi pendorong pemanfaatan media sosial tersebut adalah berkembangnya teknologi yang semakin pesat dan canggih, yang membuat para siswa tidak ingin ketinggalan dalam segala informasi tentang pelajaran yang mereka butuhkan dan dengan menggunakan media sosial segala sesuatu yang membuat mereka merasa kesulitan dapat dipecahkan dengan mudah dan cepat sehingga dalam proses pemebelajaran berjalan dengan lancar. (2) Yang menjadi penghambat pembelajaran dalam proses belajar mengajar yaitu adanya arus globalisasi yang melanda dunia pendidikan termasuk di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adanya pengaruh penggunaan media sosial yang tidak semestinya sehingga membuat para siswa lalai akan tugas utamanya yaitu pelajar, teman sepermainan dan lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah, sehingga jika para siswa tidak mampu mengendalikan dirinya maka akan terjerumus dan diperdaya oleh media sosial.
Key-Words: Persepsi Siswa, Media Sosial, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *29 PERSEPSI SISWA MEDIA SOSIAL PEMBELAJARAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 29 Dec 2021 04:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17675

Actions (login required)

View Item
View Item