HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR AKHLAK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

RAISATUL UMAMIYA (2015) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR AKHLAK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan minat dan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan ingin mengetahui apakah hubungan tersebut ke arah yang positif atau negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta kecamatan Ngampilan kabupaten Yogyakarta DIY, untuk mendapatkan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 25 responden. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus korelasi Tata Jenjang Spearman Brown untuk mengetahui adakah hubungan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan minat dan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan minat belajar akhlak siswa kelas VII A ICT di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada kategori sedang, dengan presentase sebesar 28 %. 2) prestasi belajar akhlak siswa kelas VII A ICT di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta berada pada kategori sedang, dengan presentase sebesar 35 %. 3) hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 for windows taraf signifikansi 5% yaitu 0,396 bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan minat dan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Serta, hubungan tersebut mengarah ke negatif.
Kata Kunci : cooperative learning, minat, prestasi belajar akhlak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAI *23 COOPERATIVE LEARNING PRESTASI BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:29
Last Modified: 29 Dec 2021 04:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17679

Actions (login required)

View Item
View Item