Yulihza Wilendra Sandhyakala (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI OLAHAN BAWANG MERAH DI PT. SINERGI BREBES INOVATIF KABUPATEN BREBES. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (500kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab I.pdf
Download (228kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI OLAHAN BAWANG MERAH DI PT SINERGI BREBES INOVATIF KABUPATEN BREBES. 2020. YULIHZA WILENDRA SANDHYAKALA (Skripsi dibimbing oleh Ir. Lestari Rahayu, M.P. dan Ir. Eni Istiyanti, M.P.) penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya, penerimaan dan keuntungan pada pasta bawang merah di PT. Sinergi Brebes Inovatif, menganalisis nilai tambah pasta bawang merah, menganalisis strategi pengembangan Agroindustri PT. Sinergi Brebes Inovatif. Responden yang dipilih yaitu pimpinan perusahaan, karyawan, anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agroindustri PT. SBI mendapatkan total penerimaan sebesar Rp 68.400.000 dengan keuntungan sebesar Rp 53.664.022. Biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi yaitu sebesar Rp 14.735.977 dan memperoleh pendapatan sebesar Rp 53.666.847 untuk satu kali produksi per hari. Nilai tambah yang paling tinggi produk pasta bawang merah kemasan 100 gram sebesar Rp 111.568 dan kemasan 200 gram sebesar Rp 86.542. Strategi pengembangan yang menjadi prioritas Agroindustri PT. SBI adalah memperluas pasar ekspor produk pasta bawang merah untuk menambah pemasukan perusahaan, melakukan penyimpanan terhadap bahan baku untuk menjamin ketersediaan ketika musim hujan dan meningkatkan promosi pasta bawang merah dengan membuat beberapa kios penjualan sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
Kata kunci: Bawang Merah, Strategi Pengembangan, Nilai Tambah.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:36 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1774 |