HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA ASUH ANAK DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ABA LABBAIK SONOPAKIS LOR NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

SURI SALMIYATI (2004) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA ASUH ANAK DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ABA LABBAIK SONOPAKIS LOR NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu, memerlukan koordinasi yang cermat dan erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di otak. Untuk dapat memberikan tindakan yang tepat dan berhasil, diperlukan pengetahuan atau pendidikan yang baik terutama pengetahuan ibu tentang cara mengasuh anak yang baik, menjaga kesehatan anaknya serta pendidikannya, karena pengetahuan atau pendidikan orang tua (ibu) merupakan salah satu faktor yang penting dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang pola asuh anak dengan tingkat perkembangan motorik halus anak prasekolah. Responden penelitian ini adalah pasangan ibu dan anak usia 3-6 tahun yang bersekolah di TK ABA Labbaik Sonopakis Lor Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta dengan jumlah responden 30 pasangan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cros-sectional. Pengambilan data menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan ibu tentang pola asuh anak dan lembar test DDST TI untuk tingkat perkembangan motorik halus anak prasekolah. Analisa data dilakukan secara deskriptif terhadap hasil yang diperoleh dengan cara analisa tabulasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji kai kuadrat dengan derajat signifikansi 0,05 dengan bantuan komputer (SPSS).
11 111

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH, MOTORIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:16
Last Modified: 10 Jun 2022 06:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17793

Actions (login required)

View Item
View Item