Irfan Triyana Nur Alim (2020) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA T.A 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan tingkat efektivitas
pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa serta faktor-faktor yang menjadi
pendorong dan penghambat dalam pengelolaan di kelas VIII pada SMP
Muhammadiyah 0 Yogyakarta Tahun Ajaran 9802/9898.Metode penelitian yang
digunakan peneliti yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistic deskriptif. Dan
dalam pengumpulan data penelitian dengan beberapa langkah seperti observasi
secara langsung, wawancara, angket kuisioner dan dokumentasi. kemudian,
populasi dan sampel penelitian yang digunakan peneliti yaitu teknik sampling jenuh
dengan jumlah 90 siswa.
Hasil peneilitan ini menunjukkan bahwa konsep pengelolaan kelas sangat
berhubungan dengan kemampuan guru dari kepribdian dan gaya mengajar guru
dalam materi pelajaran yang disampaikan dan cara guru berinteraksi dengan siswa
ketika proses pembelajaran. Dan keberhasilan guru dalam pengelolaan kelas
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnya kemampuan guru dalam penggunaa
media pembelajaran yang variatif dan minat belajar Bahasa arab siswa. Berdasarkan
angket yang telah disebar peneliti bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru
Bahasa Arab di SMP 0 Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori baik
dengan diperoleh presntase ,,86 %. Dan efektivitas Pengelolaan Kelas (variable X)
terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajara Bahasa Arab (variable Y)
menggunakan perhitungan korelasi product moment menunjukkan pada tingkat
korelasi (rxy) dan termasuk dalam kategori korelasi sedang dengan diperoleh nilai
sebesar 88030 dan R squre atau (Koefisien Determinasi) sebesar 9086 %. Dan
disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima yaitu “terdapat pengaruh signifkan
antara pengelolaan kelas bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa
kelas VIII SMP 0 Muhammadiyah Yogyakarta” karena rhitung > rtabel dan nilai r tabel
88300. Dan besar kontribusi Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa
pada mata pelajara Bahasa Arab yaitu sebesar 9086 %.
Dosen Pembimbing: | Muh. Naim Madjid, P.hD | NIDN503058201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |