EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA T.A 2019/2020

Irfan Triyana Nur Alim (2020) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA T.A 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan tingkat efektivitas
pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa serta faktor-faktor yang menjadi
pendorong dan penghambat dalam pengelolaan di kelas VIII pada SMP
Muhammadiyah 0 Yogyakarta Tahun Ajaran 9802/9898.Metode penelitian yang
digunakan peneliti yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistic deskriptif. Dan
dalam pengumpulan data penelitian dengan beberapa langkah seperti observasi
secara langsung, wawancara, angket kuisioner dan dokumentasi. kemudian,
populasi dan sampel penelitian yang digunakan peneliti yaitu teknik sampling jenuh
dengan jumlah 90 siswa.
Hasil peneilitan ini menunjukkan bahwa konsep pengelolaan kelas sangat
berhubungan dengan kemampuan guru dari kepribdian dan gaya mengajar guru
dalam materi pelajaran yang disampaikan dan cara guru berinteraksi dengan siswa
ketika proses pembelajaran. Dan keberhasilan guru dalam pengelolaan kelas
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnya kemampuan guru dalam penggunaa
media pembelajaran yang variatif dan minat belajar Bahasa arab siswa. Berdasarkan
angket yang telah disebar peneliti bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru
Bahasa Arab di SMP 0 Muhammadiyah Yogyakarta termasuk dalam kategori baik
dengan diperoleh presntase ,,86 %. Dan efektivitas Pengelolaan Kelas (variable X)
terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajara Bahasa Arab (variable Y)
menggunakan perhitungan korelasi product moment menunjukkan pada tingkat
korelasi (rxy) dan termasuk dalam kategori korelasi sedang dengan diperoleh nilai
sebesar 88030 dan R squre atau (Koefisien Determinasi) sebesar 9086 %. Dan
disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima yaitu “terdapat pengaruh signifkan
antara pengelolaan kelas bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa
kelas VIII SMP 0 Muhammadiyah Yogyakarta” karena rhitung > rtabel dan nilai r tabel
88300. Dan besar kontribusi Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa
pada mata pelajara Bahasa Arab yaitu sebesar 9086 %.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:06
Last Modified: 23 Oct 2021 04:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item
View Item