REPRESENTASI SEKSUALITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN TVC“IKLAN SHIMIZU”, “IKLAN SEGAR SARI SUSU SODA VERSI JULIA PEREZ”, IKLAN KOPI SUSU YA VERSI JULIA PEREZ”, DAN “IKLAN AXE VERS

TITO EKA PRATAMA (2015) REPRESENTASI SEKSUALITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN TVC“IKLAN SHIMIZU”, “IKLAN SEGAR SARI SUSU SODA VERSI JULIA PEREZ”, IKLAN KOPI SUSU YA VERSI JULIA PEREZ”, DAN “IKLAN AXE VERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

*169 Seksualitas merupakan salah satu fenomena yang melekat di kehidupan sosial. Terdapat banyak bidang yang menjadikan tema seksualitas dalam berbagai produknya. Seksualitas juga kerap menghiasi produk-produk media tak terkecuali iklan. Beberapa iklan yang menyematkan unsur seksualitas dalam kontennya adalah Iklan Shimizu, Iklan Segar Sari Susu Soda Versi Jupe, Iklan Kopi Susu Ya Versi Jupe, dan Iklan Axe Versi Bidadari Jatuh. Penelitian ini bertujuan untuk representasi seksualitas perempuan dalam iklan TVC “Iklan Shimizu”, “Iklan Segar Sari Susu Soda versi Julia Perez”, Iklan Kopi Susu Ya versi Julia Perez”, dan “Iklan AXE versi bidadari jatuh”. Untuk mengetahui representasi seksualitas dalam iklan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari analisis menujukkan bahwa seksualitas perempuan dalam sebuah iklan menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang yang melihatnya, bagian-bagian tubuh yang intim, gerakan yang menggoda, serta pakaian tipis dan seksimerupakan unsur-unsur seksualitas yang menggoda dan tentunya dapat membangkitkan hasrat seksual lawan jenisnya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah Berbagai bentuk seksualitas perempuan terbingkai dalam sebuah tayangan iklan yang dikemas secara subjektif. Contoh bahasa seksualitas perempuan yang ditampilkan dalam iklan yang diteliti oleh penulis adalah dengan menampilkan payudara, pakaian-pakaian minim dan seksi, joget-joget erotis, ekspresi yang menggoda dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *169 SEKSUALITAS, REPRESENTASI, SEMIOTIKA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:10
Last Modified: 30 Dec 2021 04:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18075

Actions (login required)

View Item
View Item