PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KETERAMPILAN PENOLONG DALAM PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA KASUS CEDERA KEPALA PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO

ZAINUL MUTTAQIN (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KETERAMPILAN PENOLONG DALAM PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA KASUS CEDERA KEPALA PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

*291 Kecelakaan merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan yang banyak terjadi pada anak. Salah satu kecelakaan pada anak yang sering terjadi disekolah adalah cedera kepala. Dampak dari cedera kepala adalah kecacatan bahkan kematian jika tidak mendapatkan pertolongan pertama dengan segera. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh pendidikan kesehatan terhadap keterampilan penolong dalam memberikan pertolongan pertama kasus cedera kepala pada siswa SD Muhammadiyah Tamantirto
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan desain one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah semua guru dan karyawan di SD Muhammadiyah Tamantirto yang berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan berupa checklist yang selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji paired sampled t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan penolong dalam memberikan pertolongan pertama kasus cedera kepala sebelum diberikan pendidikan kesehatan 32.69 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan 78.36. Hasil uji bivariat dengan uji paired sampel t test diketahui bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap keterampilan penolong dalam memberikan pertolongan pertama kasus cedera kepala dengan nilai P=0,000.
Berdasarkan hasil diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan kesehatan dapat meningkatkan keterampilan penolong dalam memberikan pertolongan pertama kasus cedera kepala. Saran untuk penelitian selanjutnya, koordinasi penentuan waktu yang tepat untuk pendidikan kesehatan dan pengambilan data.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *291 CEDERA KEPALA, KETERAMPILAN, PERTOLONGAN PERTAMA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:32
Last Modified: 27 May 2022 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item
View Item