FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA TIM SAR DIY DALAM PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN BENCANA

RESSA PUTRI HARDINA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA TIM SAR DIY DALAM PEMBERIAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN BENCANA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

SAR (Search and Rescue) adalah seorang relawan yang dengan rela menyumbangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk melakukan kegiatan kemanusiaan. Setiap anggota SAR memiliki motivasi tersendiri dalam melakukan tugasnya. Salah satu tugas tim SAR adalah dalam pemberian pertama pada korban bencana. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja adalah terdiri dari faktor pencapaian, tanggung jawab, pekerjaan itu sendiri, hubungan rekan kerja, keamanan dan gaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja tim SAR DIY dalam pemberian pertolongan pertama pada korban bencana.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota tim SAR DIY yang bersedia menjadi responden dan diambil menggunakan tehnik purposive sampling sebanyak 38 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang valid (Pearson Produc Moment=0,630) dan reliable (Cronbach Alpha=0,735). Analisa data yang digunakan adalah distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa responden terbanyak adalah berusia 17-35 tahun (39,5%) laki-laki (92,1%) dengan pendidikan terakhir SMA (71,1%) yang berstatus pekerja swasta (39,5). Gambaran faktor yang termasuk kategori baik adalah faktor tanggung jawab (60,5%), faktor hubungan rekan kerja (55,3%), faktor keamanan (60,5%) dan faktor gaji (55,3%), sedangkan faktor yang termasuk kategori kurang baik adalah faktor pencapaian (55,3%).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah faktor yang berpengaruh pada motivasi kerja tim SAR DIY yaitu faktor tanggung jawab, faktor hubungan rekan kerja, faktor keamanan, dan faktor gaji. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi tim SAR DIY sebagai informasi awal untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi kerjanya. Pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan penelitian berbasis intervensi untuk meningkatkan motivasi dalam menolong korban bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *345 MOTIVASI KERJA – TIM SAR DIY
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:42
Last Modified: 08 Jun 2022 02:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item
View Item