PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN KETERAMPILAN DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR KASONGAN BANTUL

ANGGI ANGHARA (2015) PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PADA LANSIA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN KETERAMPILAN DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR KASONGAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)

Abstract

Lansia mengalami berbagi penurunan dan keterbatsan dalam melakukan aktifitas, sehingga mempengaruhi kualitas hidup lansia. Salah satu program lansia yang berada di PSTW adalah bimbingan keterampilan. Bimbingan keterampilan lansia bisa mengasah kreatifitas, tertawa, menghilangkan amarah, dan bersosialisasi agar lansia terhindar dari kesepian, sehingga menyebabkan kesehatan dan kulitas hidup lansia meningkat.
Tujuan Penelitian : Mengetahui kulitas hidup pada lansia yang mengikuti bimbingan keterampilan dengan yang tidak mengikuti bimbingan keterampilan.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian adalah lansia PSTW sebanyak 25 orang mengikuti bimbingan dan 25 orang tidak mengikuti bimbingan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-Test Independen.
Hasil Penelitian : hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kualitas hidup lansia yang mengikuti bimbingan keterampilan dengan nilai p=0,000 (p < 0,05).
Kesimpulan : Ada perbedaan kulitas hidup lansia yang mengikuti bimbingan keterampilan dan yang tidak mengikuti bimbingan keterampilan di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Kasongan Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *367 KUALITAS HIDUP, BIMBINGAN KETERAMPILAN, LANSIA, PSTW.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:48
Last Modified: 30 Dec 2021 04:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item
View Item