HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG MEMOTONG KUKU DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MEMOTONG KUKU DI SEKOLAH DASAR SE-TAMANTIRTO BANTUL YOGYAKARTA

YORI YOLANDA (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG MEMOTONG KUKU DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) MEMOTONG KUKU DI SEKOLAH DASAR SE-TAMANTIRTO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Anak usia sekolah (6-12 tahun) mempunyai banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya dalah memotong kuku. Pelaksanaan PHBS memotong kuku harus didukung dengan pengetahuan dan perilaku yang dimiliki tiap individu. Dari survey pendahuluan anak usia sekolah dasar memiliki pengetahuan yang baik, namun belum menerapkan cara memotong kuku yang benar dan masih banyak yang mempunyai kuku yang panjang dan kotor.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang memotong kuku dengan PHBS memotong kuku siswa.
Metode : Desain penelitian cross-sectional. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan stratified sampling didapatkan 132 sampel. Analisa data menggunakan uji statistik korelasi Spearman’s Rho di SPSS 16.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan 67 siswa (51,1%) memiliki pengetahuan , dan 64 siswa (48,9%) memiliki PHBS yang baik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan siswa tentang memotong kuku dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memotong kuku di Sekolah Dasar Se-Tamantirto Bantul Yogyakarta (p=0.001 untuk pengetahuan siswa terhadap memotong kuku) dan (p=0,001 untuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memotong kuku siswa).
Kesimpulan : Kesimpulan pada penelitian adalah adanya hubungan antara pengetahuan siswa tentang memotong kuku dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memotong kuku di Sekolah Dasar Se-Tamantirto Bantul Yogyakarta. Pengetahuan dan perilaku sangat penting dalam pelaksanaan PHBS siswa.
Saran : Saran dari penelitian ditujukan kepada sekolah untuk memberikan pembinaan kepada siswa tentang pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memotong kuku di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *368 PENGETAHUAN, PERILAKU, PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT, MEMOTONG KUKU.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:48
Last Modified: 30 Dec 2021 04:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item
View Item