PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN NUTRISI IBU HAMIL TERHADAP SIKAP IBU HAMIL DALAM PEMENUHAN NUTRISI KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL

LISTIANA PUTRI UTAMI (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN NUTRISI IBU HAMIL TERHADAP SIKAP IBU HAMIL DALAM PEMENUHAN NUTRISI KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

*431 Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator status kesehatan yang menerangkan derajat kesehatan didalam suatu negara, pendarahan merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu. Kebutuhan gizi ibu hamil jika tidak terpenuhi akan terjadi kekurangan gizi yang dapat mengakibatkan janin lahir prematur, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), retardasi mental dan dampak pada ibu seperti perdarahan, anemia dan abortus. Pendidikan kesehatan merupakan proses perubahan perilaku yang dinamis, bukan hanya proses pemindahan materi dari individu ke individu lain. Tujuan pendidikan kesehatan secara umum yaitu mengubah perilaku individu atau masyarakat di dalam bidang kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan nutrisi ibu hamil terhadap sikap ibu hamil dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi kehamilan di wilayah Puskesmas Kasihan I.
Desain penelitian menggunakan Quasy-Eksperimental dengan rancangan pretest – posttest with control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 36 responden dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 18 responden kelompok control dan 18 responden kelompok intervensi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan menggunakan kuisioner sikap (r=0,902). Uji statistic menggunakan uji paired t-test dan independent t-test dengan tingkat kemaknaan P

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *431 GIZI IBU HAMIL, NUTRISI IBU HAMIL, PENDIDIKAN KESEHATAN, SIKAP
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:27
Last Modified: 27 May 2022 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item
View Item