FAKTOR RISIKO HIPERTENSI PADA MAHASISWA PSIK 2011 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

INDAH DWI ARISNIATI (2015) FAKTOR RISIKO HIPERTENSI PADA MAHASISWA PSIK 2011 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

*325 Hipertensi merupakan penyakit yang timbul akibat adanya interaksi berbagai faktor risiko yang dimiliki seseorang. Faktor pemicu hipertensi dibedakan menjadi yang tidak dapat dikontrol seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, faktor genetik, dan umur, serta faktor yang dapat dikontrol seperti obesitas, kurangnya aktivitas fisik, perilaku merokok, alkohol dan stres.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran faktor risiko hipertensi pada mahasiswa keperawatan angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian: : Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen, yang bersifat deskriptif analitik. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang dilakukan bulan Juli 2015 dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Penelitian ini menggunakan analisa data univariat dan alat yang digunakan adalah spignomanimeter, timbangan, meteran, glucometer yang sudah terkalibrasi di PKU Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan Badan Meteorologi Yogyakarta.
Hasil Penelitian: Didapatkan hasil bahwa faktor risiko hipertensi mahasiswa PSIK 2011 dengan karakteristik demografi jenis kelamin mayoritas perempuan dan usia mayoritas 20-25 tahun, pada riwayat merokok adalah 12,0%, riwayat mengkonsumsi alkohol 7,3%, mayoritas nilai IMT normal 62,0%, mayoritas tekanan darah normal 71,3%, mayoritas GDP normal 84,7%, nilai kolesterol tinggi 34,0%, riwayat kesehatan keluarga tertinggi adalah hipertensi 44,7%.
Kesimpulan: Secara keseluruhan didapatkan hasil bahwa pada mahasiswa PSIK 2011 mayoritas beresiko hipertensi. Saran untuk responden agar dapat menjaga kesehatan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, menjaga pola makan dan tidak mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol yang beresiko menyebabkan hipertensi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *325 FAKTOR RISIKO HIPERTENSI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:25
Last Modified: 27 May 2022 02:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item
View Item