PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MELALUI PEMANTAUAN KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PERSONAL HYGIENE

RAKA HARKI SURYAHUTAMA (2015) PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MELALUI PEMANTAUAN KARTU MENUJU SEHAT ANAK SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PERSONAL HYGIENE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Kurangnya personal hygiene merupakan masalah yang sering dialami pada anak usia sekolah. Masalah kesehatan fisik yang biasa dialami oleh yang kurang memperhatikan personal hygiene adalah sakit gigi, penyakit kulit, iritasi mata dan iritasi pada telinga. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah personal hygiene adalah dengan melakukan promosi kesehatan dengan Kartu Menuju Sehat Anak Sekolah (KMS-AS).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan personal hygiene melalui promosi kesehatan pemantauan dengan KMS-AS.
Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan rancangan Pre-post test with control groupdesign. Subyek penelitian sejumlah 72 siswa (36 siswa kelompok kontrol dan 36 siswa kelompok intervensi). Instrumen penelitian ini menggunakan modul dan kuesioner. Analisis data menggunakan wilcoxon dan paired t test.
Hasil analisis menunjukkan pada kelompok intervensi pengetahuan personal hygiene siswa sebelum intervensi 7,5 ± 2,03 dan setelah intervensi 9,47 ± 1,18 (P=0,000), pada perilaku personal hygiene siswa berdasarkan kuesioner sebelum intervensi 81,06 ± 13,19 dan setelah intervensi 91,72 ± 8,3 (P=0,000), pada perilaku personal hygiene siswa berdasarkan KMS-AS sebelum intervensi 5,39 ± 1,27 dan setelah intervensi 7,03 ± 0,81 (P=0,000). Hasil penelitian ini menunjukkan P= 0,000 dan 0,001.
Penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan pengetahuan dan perilaku pada kelompok intervensi setelah dilakukan promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS dan tidak terdapat peningkatan pengetahuan dan perilaku pada kelompok kontrol setelah dilakukan promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS. Maka dari itu KMS-AS dapat digunakan untuk melakukan pemantauan personal hygiene pada anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *355 PERSONAL HYGIENE, ANAK USIA SEKOLAH, KMS-AS, PENDIDIKAN KEBERSIHAN DIRI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:03
Last Modified: 07 Jun 2022 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18474

Actions (login required)

View Item
View Item