PERAN HUMAS DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK TENTANG KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS: PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JATENG-DIY, KOTA SEMARANG TAHUN 2004)

ESTI PRATAMA DEWI (2005) PERAN HUMAS DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK TENTANG KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS: PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JATENG-DIY, KOTA SEMARANG TAHUN 2004). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Peran Humas PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY dalam membentuk opini publik tentang kualitas pelayanan adalah memelihara dan meningkatkan hubungan yang baik dengan internal publik maupun ekstemal publik. Bentuk hubungan Internal public relation adalah program pemberian apresiasi pada karyawan, Program acara khusus, informasi papan pengumuman, menggalang kritik dan saran aorta kliping. Selain membina hubungan baik dengan internal public, Humas juga membina hubungan baik dengan ekstcmal publik, seperti membina hubungan dengan Pers, Hubungan dengan pemerintah, hubungan dengan pelanggan, hubungan dengan masyarakat sekitar serta hubungan dengan mitra kerja. Untuk mendukung kegiatan tersebut Humas PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY menggunakan beberapa media dalam penyampaian informasi kepada publik. Sementara, menurut basil kuesioner yang dilakukan kepada pelanggan listrik PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIY bahwa pelayanan yang diberikan cukup baik, sehingga opini publik yang dihasilkan adalah positif beda dengan anggapan beberapa waktu sebelumnya. Dengan demikian peran Humas di PT PLN (Persero) distribusi Jateng-DIY cukup berhasil. Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari penelitian ini adalah bahwa dalam pembentukan opini publik tentang kualitas pelayanan adalah dengan meningkatkan hubungan internal publik dan ekstemal publik serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dari Humas dan pihak internal perusahaan itu sendhi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PEMBENTUKAN OPINI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:26
Last Modified: 07 Jun 2022 02:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item
View Item