METODE INOVATIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI PLEMBUTAN ASRI WIYOKO, PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL

ILMI UCI MARWATI (2015) METODE INOVATIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI PLEMBUTAN ASRI WIYOKO, PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar ada beberapa unsur penting yang menunjang pembelajaran yaitu diantaranya metode pembelajaran. Metode pembelaaran merupaka cara guru untuk menyanpaikan materinya yang bertujuan agar siswa lebih lebih tertarik untuk memperhatikan karena menggunakan metode yang dipilih guru dan tentunya sesuai dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode yang digunakan guru PAI di SD Negeri Plembutan Asri. 2) Pertimbangan pemilihan penggunaan metode dalam penyanpaiaan pembelajaran. 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran.
Data peneliti dikumpulkan dengan cara wawancana, observasi, dan dokomentasi. Sedangkan analisis datanya peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Dimana peneliti mengumulkan data dan menganalisisnya lebih bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru PAI sangatlah bervariasi dan ada banyak metode yang digunakan. Dalam pemilihan metode juga menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, alat/ media, serta kemampuan guru. Penggunaan metode pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang sedang disampaikan, yang tentunya ada persiapan yang matang sebelum pembelajaran dilaksanakan. Guru PAI dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Metode menyesuaikan materi, bukan materi menyesuaikan metode. Setiap metode pembelajaran mempunyai kendala yang berbeda-beda. Seperti kurangnya ketersediaan media/ alat pembelajaran, beragamnya kemampuan siswa, serta keterbatasan kemampuan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *104 METODE, PEMBELAJARAN, DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:56
Last Modified: 28 May 2022 02:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item
View Item