PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SD NEGERI PLEMBON GUNUNGKIDUL

DANY KARTIKA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SD NEGERI PLEMBON GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

*105 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1. Mengetahui tentang hasil belajar peserta didik di SD Negeri Plembon sebelum menggunakan media gambar seri. 2. Mengetahui tentang penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Plembon. 3. Mengetahui tentang peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan media gambar seri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan Taggart dengan 3 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Plembon yang berjumlah 22 peserta didik. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan media gambar seri. Metode pengumpulan data penelitian melalui observasi dan tes tertulis. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Observasi dilakukan untuk mengukur aktifitas pembelajaran. Teknik analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI sebelum menggunakan media gambar seri sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil pretest siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil pretest siklus I menunjukkan dari 22 peserta didik yang mampu mencapai nilai >70 hanya 2 anak atau persentase hanya mencapai 9%. Sedangkan pada siklus II hasil pretest menunjukkan ada 9 anak yang mampu mencapai nilai >70 atau persentase 41% dan pada siklus III hasil pretest menunjukkan ada 9 anak yang mampu mencapai nilai >70 atau persentase 41% . 2. Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belejar peserta didik dalam pembelajaran PAI adalah dengan cara pemberian motivasi dan apersepsi pada awal pembelajaran, dilanjutkan dengan pemberian penjelasan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri, penyajian informasi atau penjelasan umum tentang materi yang diajarkan, pembagian kelompok, penugasan diskusi kelompok berupa penyusunan gambar-gambar gerakan sholat dan bacaan sholat, kemudian praktek sholat secara berkelompok serta pemberian penghargaan pada peserta didik yang memiliki nilai tertinggi pada saat mengerjakan soal-soal pretest dan posttest. 3. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan persentase dari hasil posttest siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I persentase peserta didik yang nilainya >70 sebesar 31% dan meningkat pada siklus II sebesar 64% kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 86%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *105 MEDIA GAMBAR SERI, HASIL BELAJAR KOGNITIF
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 May 2022 02:30
Last Modified: 28 May 2022 02:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item
View Item