LU'LU'UL MAKNUN (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKHLAK DENGAN MODELCOOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS(TGT) DI SDNEGERI REJOSARI II SEMIN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (77kB)
Abstract.pdf
Download (449kB)
Bab I.pdf
Download (73kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (519kB)
Abstract
*107 Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pelaksanaan pembelajaran akhlak dan mengetahui model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SD N Rejosari II Semin Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kurt Lewin. Terdiri dari III siklus, I siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari II yang berjumlah 13 siswa. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini lebih memfokuskan pada prestasi belajar siswa pada materi akhlak.Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi.Teknik analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Pelaksanaan pembelajaran akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) ini terfokus pada siswa, sehingga siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran akhlak yang sedang berlangsung. Kegiatan pembelajaran ini meliputi pemahaman siswa dengan materi pelajaran akhlak, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan bekerjasama dalam diskusi kelompok, kemampuan mempresentasikan diskusi kelompok dan mengikuti turnamen. Siswa juga sudah bisa memberikan idenya dalam kelompok diskusi sehingga hasil prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. 2). Ya, dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada materi akhlak. Karena menunjukkan nilai pada posttest siklus I sebesar 69,23 siswa yang melebihi KKM >75 berjumlah 4 siswa. Siklus II 79,23 siswa yang melebihi KKM berjumlah 8 siswa. siklus III 87,69 siswa yang melebihi KKM 12 siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *107 PRESTASI BELAJAR DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 May 2022 01:32 |
Last Modified: | 27 May 2022 01:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18921 |