WACANA POLITIK PEMBERITAAN DALAM JURNALISME WARGA (ANALISIS WACANA POLITIK PEMBERITAAN TENTANG JOKO WIDODO DI DALAM WIDE SHOT METROTV PADA SAAT PILPRES 2014)

MIRZA NUGRAHA MUHAMMAD (2015) WACANA POLITIK PEMBERITAAN DALAM JURNALISME WARGA (ANALISIS WACANA POLITIK PEMBERITAAN TENTANG JOKO WIDODO DI DALAM WIDE SHOT METROTV PADA SAAT PILPRES 2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

*313 Penelitian ini mengangkat berita tentang pencalonan Capres Jokowi pada Pilpres 2014 dalam acara Wide Shot MetroTv edisi bulan Mei-Juli 2014 yang dikirimkan oleh jurnalis warga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Wide Shot MetroTv melalui segmen jurnalisme warga dalam memproduksi wacana pemberitaan Capres Joko Widodo pada Pilpres 2014, melalui struktur teks pemberitaan dan ideologi yang ditampilkan oleh MetroTv dalam pemberitaan seputar Capres Joko Widodo pada Pilpres 2014. Paradigma yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah paradigma kritis dengan metode penelitian analisis wacana kritis model Teun Van Dijk. Pada model Van Dijk terdapat tiga dimensi yang digunakan dalam menganalisis yaitu dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan dimensi konteks sosial.
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana wacana politik tentang pemberitaan Capres Joko Widodo di dalam program jurnalisme warga Wide Shot MetroTv pada Pilpres 2014?, ditemukan hasil analisis dalam penelitian ini bahwasanya melalui teks berita MetroTv mencoba memproduksi wacana kepada masyarakat akan sosok Jokowi yang memang layak untuk memimpin Indonesia sebagai Presiden pada Pilpres 2014. Hal ini terlihat dari strategi yang ditampilkan oleh jurnalis warga dimana pemberitaan tentang Capres Jokowi selalu dikaitkan dengan keberhasilannya pada saat memimpin Kota Solo dan menjadi Gubernur DKI Jakarta,. Selain itu faktor kepentingan politik yang dimiliki oleh pemilik media juga mempengaruhi ideologi yang dianut oleh MetroTv dalam pemberitaan Capres Joko Widodo pada Pilpres 2014.
Dari penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwasanya melalui teks berita dan ideologinya Wide Shot MetroTv mencoba menyampaikan wacana kepada masyarakat tentang Sosok Jokowi yang memang layak untuk menjadi Presiden pada Pilpres 2014. Dimana hal ini terbukti dari pemberitaan Capres Joko Widodo pada Pilpres 2014 yang diproduksi oleh Wide Shot MetroTv berkaitan dengan ideologi dan kepentingan yang dianut oleh MetroTv.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *313 ANALISIS WACANA KRITIS, PILPRES 2014, WIDE SHOT METROTV, CAPRES JOKO WIDODO.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 May 2022 06:55
Last Modified: 25 May 2022 06:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item
View Item