KONTRIBUSI DISIPLIN , MOTIVASI DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA BOPKRI SE- KOTA YOGYAKARTA

APRIJANINGSIH (2015) KONTRIBUSI DISIPLIN , MOTIVASI DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA BOPKRI SE- KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas guru, semakin
banyak jumlah guru yang mengutamakan prestasi di suatu sekolah akan semakin
tinggi kualitas suatu sekolah. Banyak hal yang dapat memberikan konstribusi
untuk menunjang prestasi kerja guru di sekolah, antara lain kedisiplinan guru,
motivasi guru untuk selalu berkembang, dan loyalitas guru terhadap tugas dan
lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah disiplin,
motivasi, dan loyalitas mempunyai kontribusi yang positif terhadap prestasi kerja
guru di SMA BOPKRI se-kota Yogyakarta.
Teknik penarikan sampel mengunakan Simple Random Sampling yang
termasuk dalam teknik Probably Sampling yang memberikan peluang yang sama
bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru-guru SMA BOPKRI Se-Kota Yogyakarta yang
berjumlah 124 guru, diambil 95 guru secara acak sebagai responden, dan
kuesioner yang kembali kepada peneliti sebanyak 94. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden baik unuk variabel
independen (disiplin, motivasi, dan loyalitas) maupun variabel dependen
(prestasi). Jawaban setiap item dalam instrumen menggunakan Skala Likert
Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan dengan menggunakan
bantuan Program SPSS ver 15 for windows, diperoleh p value-nya adalah 0.000
untuk variabel disiplin, 0.043 untuk variabel motivasi, 0.043 untuk variabel
loyalitas. Sedang uji simultan p value-nya adalah 0,000. Persamaan regresi yang
di dapat adalah sebagai berikut:
Y = 1,187 + 0,493X1 + 0,017 X2 + 0,204 X3
Artinya motivasi, disiplin, dan loyalitas secara sendiri-sendiri memberikan
konstribusi yang positif terhadap prestasi kerja guru. Uji simultan menunjukan
secara bersama-sama motivasi, disiplin, dan loyalitas kerja memberikan kontribusi
yang positif terhadap prestasi kerja guru. Dari koefisien regresi terlihat bahwa
disiplin memberikan kontribusi paling besar terhadap prestasi kerja guru, disusul
loyalitas dan motivasi. Dari tampilan output SPSS model summary, besarnya
adjusted R2 adalah 0,734, hal ini berarti 73,4% variabel dependen prestasi dapat
dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen disiplin, motivasi dan
loyalitas, sedangkan sisanya 26,6% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar
model.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN , MOTIVASI, LOYALITAS KERJA, PRESTASI KERJA GURU
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 May 2022 05:52
Last Modified: 23 May 2022 05:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item
View Item